Pekan Jurnalistik VII 2017 - Sasana Kreasi Karya

About Us

Genta Andalas, Berjuang di Tengah Keterbatasan

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Genta Andalas Universitas Andalas adalah unit kegiatan yang bergerak di bidang penerbitan berita. Genta Andalas berdiri pada tahun 1975 tetapi pada masa itu masih bersifat unit kegiatan mahasiswa tingkat fakultas, dan belum bernama Genta Andalas.

Genta Andalas resmi berdiri pada tanggal 16 Oktober 1986, dengan Surat Tanda Terbit nomor 336/Ditjen PPG/STT/ 1986. Namun sayang sempat tidur panjang hingga pertengahan tahun 1994. Pada tahun 1994, Genta Andalas kembali terbit namun hanya dua edisi tabloid, kemudian tidur panjang lagi karena sistem politik orde baru yang membungkam suara rakyat hingga ke kampus.

Pada tahun 1998, aktivitas lembaga pers kampus kembali terangsang seiring dengan tuntutan era reformasi total. Genta Andalas pun tak mau tinggal diam. Hal ini terbukti dengan terbitnya kembali karya-karya Genta Andalas dalam bentuk buletin, tabloid, dan terakhir mini tabloid dengan segala keterbatasannya pada masa itu.

Untuk meningkatkan kualitas anggota, dilakukan penerbitan rutin hingga mengangkat kegiatan pelatihan jurnalistik dalam skala wilayah dan juga dilakukan berbagai kegiatan pelatihan. Pada tahun 2005, Genta Andalas berhasil melakukan penerbitan untuk event tingkat nasional yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) dan Universitas Andalas pada waktu itu ditunjuk sebagai tuan rumahnya.

Pada Tahun 2006, Genta Andalas juga mencoba membuat terobosan baru, menerbitkan sebuah majalah Edisi I Februari 2006, yang belum pernah dilakukan pada masa sebelumnya bahkan oleh pers kampus lain di Sumatera. Ini merupakan langkah awal dalam penerbitan majalah yang terbit satu kali setahun. Tahun 2007, Genta Andalas menjadi media partner wilayah Sumatera untuk BBC World Service Siaran Indonesia pada tahun 2007-2009.

Belajar dari pengalaman, Genta Andalas selalu berupaya membuat lompatan-lompatan ke depan. Tahun 2011, untuk pertama kalinya Genta Andalas telah melaksanakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut yang pertama pada November 2011, dan diharapkan akan menjadi kegiatan tahunan yang terus dilaksanakan. Tahun 2013, Genta Andalas  melakukan gebrakan besar. Genta Andalas memperoleh kesempatan untuk ambil andil dalam  event tingkat nasional, yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQ-MN) XIII. Genta Andalas berhasil menerbitkan tabloid setiap hari selama acara berlangsung sebanyak 5 edisi yaitu tabloid edisi khusus MTQ-MN XIII. Ini merupakan sebuah kehormatan dan prestasi yang membanggakan bagi Genta Andalas. November 2013, Genta Andalas kembali melaksanakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) II se-Indonesia yang dikemas dalam acara Sumarak Jurnalistik. Ini merupakan tahun pertama Sumarak Jurnalistik.

Kemudian acara Pekan Jurnalistik juga merupakan acara tahunan UKPM Genta Andalas. Tahun lalu, Pekan Jurnalistik VI berhasil menyelenggarakan Seminar Nasional bersama Asma Nadia dan rangkaian acara serta lomba di dunia jurnalistik lainnya yang berhasil menarik simpati  mahasiswa dan siswa SMA/Sederajat.

Hasil karya anggota Genta Andalas berupa tulisan telah banyak dimuat di Media Lokal ataupun Media Nasional. Dengan menggandeng motto “Berkatalah dengan berteriak atau    menulis, karena kata adalah senjata”, anggota Genta Andalas selalu berupaya untuk menyalurkan karya—karyanya. Saat ini ada dua produk yang diterbitkan oleh Genta Andalas, diantaranya Tabloid Genta Andalas yang terbit satu kali 2 bulan, terakhir Majalah Genta Andalas yang merupakan terbitan perdana dengan skala satu kali setahun. Saat ini Genta Andalas juga telah menerbitkan sebuah website dengan situs www.gentaandalas.com . Genta Andalas berhasil menerbitkan sebuah produk baru yaitu elektronik tabloid (E-Tabloid). Semua lapisan masyarakat dapat mendownload E-Tabloid melalui website gentaandalas.com. Hal ini bertujuan agar produk Genta Andalas terus berkembang dengan jumlah pembaca yang lebih luas.

Di sini anggota juga akan belajar mendalami kegiatan yang ada di empat divisi Genta Andalas yaitu redaksi, perusahaan, produksi, dan litbang. Kepada anggota UKPM Genta Andalas dilakukan penilaian yang akan digunakan untuk penempatan anggota pada jabatan divisi dan kesempatan untuk mengikuti pelatihan jurnalistik tingkat lanjut yang diadakan pers kampus universitas lain.

UKPM Genta Andalas yang berlokasi di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Lantai II Sayap Kanan, dengan segala keterbatasannya terus berjuang menyalurkan aspirasi mahasiswa untuk menjadi media mahasiswa yang jujur, sportif, terbuka, dan terus membangun menuju  generasi yang lebih baik di kemudian hari. Informasi lebih lanjut tentang Genta Andalas juga bisa di dapatkan melalui facebook Persma Genta Andalas dan Fanpage Genta Andalas atau melalui twitter @Genta_Andalas serta portal berita Gentaandalas.com yang meng-update berita setiap hari.